1











Tuesday, December 1, 2009

Bab 4 tata kerja, prosedur kerja dan system kerja.

Bab 4 tata kerja, prosedur kerja dan system kerja.

Hal 54-59

  1. mengapa tata kerja, system kerja maupun prosedur kerja merupaka satu kesatuan yang bulat?jelaskan secara singkat?

Karna dengan adanya system kerja, tatakerja dan rosedur kerja menjadikan pelaksanaan fungsi manajemen dan kebijaksanaan piminan menjadi lebih terarah, terkoordinir dan terkontrol dengan baik.

  1. jelaskan perbedaan pengertian antara tata kerja sisitem kerja, dan prosedur kerja?dari ketiga kegiatan tersebut menurut saudara mana yang paling penting?

Tata kerja : merupakan cara pelaksanaan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.

Prosedur :merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai darimana asalnya dan mau menuju kemana, kapan pekerjaan tersebut harus terselesaikan maupun alat-alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat terselesaikan.

System : merupakan susunan antara tata kerja dan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Menurut saya yang paling penting adalah system kerja.

  1. sebutkan prinsip-prinsip yang harus dipakai dalam penggunaan tata kerja system kerja dan prosedur kerja apa kegunaan prinsip-prinsip tersebut bagi pelaksaan kegiatan ketiga hal tersebut?

Prinsip :

    1. tata kerja, prosedur kerja dan system kerja harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan, fasilitas peralatan, materiil biaya dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
    2. Persiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya, dan telebih dahulu dipersiapkan adanya tentang tujuan pokok organisasi,skema,klasifikasi jabatan,analisa jabatan,unsure kegiatan organisasi dan semacamnya.
    3. Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan nantinya akan dibuat bagan prosedurnya.
    4. Buat dan jelaskan daftar dari tiap detail pekerjaan yang hars dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanaakan tugas yang dimaksud.
    5. Dalam tahap-demi tahap rangkaian pekerjaan harus betul-betul saling terhubung sangat erat yang keselurruhannya menuju kea rah satu tujuan.
    6. Tiap-tiap tahap harus betul-betul merupakan suatu kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan penyelesaian seluruh tugas atau penyelesaian yang dimaksud.
    7. Harus ditetapkan pula skill dan keterampilan tenaga kerja yang diperlukan untuk penyelesaian tugas yang dimaksud.

  1. buatlah daftar kegiantan pelaksanaan pekerjaan saudara selama 1 minggu (40 jam).urutkan dari pekerjaan yang paling penting dan mendesak sampai dengan pekerjaan yang relative kurang penting pengerjaannya dalam minggu ini?

NAMA PEGAWAI

……………………

Jabatan

Koordinator pelaksana

Angkatan

……………………

Masa Kerja

……………………..

DAFTAR PEKERJAAN PEGAWAI

(Evaluasi kerja dan pembuatan blog)

NO PEKERJAAN

KETERANGAN PEKERJAAN

JUMLAH JAM KERJA UNTUK TIAP PEKERJAAN

1

Membuat akun blog dan registrasi

6 jam

2

Memproses pengisian artikel-artikel

5 jam

3

Mencari referensi yang berhubungan dengan pembuatan blog

4 jam

4

Memperhatikan proses kerja blog

4 jam

5

Melanjutkan pembuatan blog

5 jam

6

Mengecek operasi pelaksanaannya

6 jam

7

Mempersiapkan dan memaksimalkan kerja blog

10 jam




JUMLAH SELURUH JAM KERJA SEMINGGU 40 JAM

  1. mengapa dalam tata kerja, sistem kerja, dan prosedur kerja harus selalu disusun untuk memiliki sifat stabilitas dan fleksibilitas?jelaskan dan beri contoh?

Stabilitas maksudnya system, tatakerja, prosedur kerja mengandung unsur tetap sehingga menjamin kelancaran dan kemantapan kerja, dan juga dalam pelaksanaannyatidak kaku tapi harus luwes dan masih memungkinkan diadakan saling pergantian tugas.

Contoh : seorang idak masuk dan kebetulan salah satumesin macaet, maka pekerjaan harus tetap dapat terlaksana dan diselesaikan.

  1. jelaskan pengertian updatenesis suatu penyusunan sisitem, prosedur dan tata kerja?

Penyusunan system, prsoedur kerja dan system kerja harus selalu disesuaikan dengan kemajuan jaman dan teknologi.

Artikel Terkait di Bawah posting

2 comments:

  1. Wah...blognya keren juga nih....kamu anak gundar yah ? blog kamu udah di daftarin lomba blog bulanan di Gunadarma ? kalo belum, cepetan daftar di Studentsite. Syaratnya gampang ko, coba kamu cek di TULISAN INI untuk informasi lebih lanjut. Silahkan gunakan Yahoo Pingbox yang ada pada sebelah kanan situs tersebut untuk bertanya hal - hal seputar blog.

    sekedar mengingatkan kembali, URL yang kamu kirimkan pada saat akan Submit Tugas melalui studentsite, adalah URL dari tulisan tugas tersebut. Bukan URL dari homesite blog kamu.

    misalnya, tulisan ini adalah tugas, maka URL yang diisikan adalah :

    http://singlesmilesoup.blogspot.com/2009/12/bab-4-tata-kerja-prosedur-kerja-dan.html

    kemudian isikan Judul sesuai dengan judul tugas yang diberikan, sedangkan matauliah, diisikan dengan nama matakuliah softskills-nya.

    Follow Back yach.. ;)

    BAPSI

    ReplyDelete
  2. Blok nya sangat membantu bnget. Jadi mudah memahami.

    TERIMAKASIH 🖤

    ReplyDelete

tags

Flash tag cloud requires