1











Monday, November 15, 2010

perbedaan daftar pustaka dan catatan kaki

daftar pustaka, mungkin kata ini sudah sering kali kita mendengarnya, bahkan pada saat kita ingin membeli sebuah buku, kita sesekali memperhatikan daftar pustaka yang ada ditiap-tiap halaman terakhir dari sebuah buku.

daftar kepustakaan atau bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku,artikel-artikel dan bahan -bahan penelitian lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dan karangan yang ditengah digarap.
(gorys keraf(1997:223))

dengan adanya daftar pustaka, seorang ahli,pembaca buku ataupun para cendikiawan dapat mengetahui darimana sumber buku asli yang dibaca tersebut itu berasal.

bibliografi atau daftar pustaka memiliki tujuan memberikan deskripsi tentang sebuah buku, majaklah dsb secara keseluruhan.disatu sisi bibliografi juga sebagai pelengkap dan juga sebuah catatan kaki

catatan kaki bertujuan sebagai referensi yang menunjuk kepada suatu sumber dan pernyataan atau ucapan yang dipergunakan untuk dalam teks, sebab referensi harus menunjuk dengan tepat tempat dimana pembeca dapat menemukan pernyataan atau ucapan tersebut.

catatan kaki berfungsi sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku, sebagai penghargaan terhadap karya orang lain.

catatan kaki dipergunakan sebagai:
- pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang tercantum didalam teks atau sebagai petunjuk sumber.
- tempat memperluas pembahasan yang diperlukan tetapi tidak relevan jika dimasukan didalam teks, penjelasan ini dapat berupa kutipan pula.
- referensi silang yaitu petunjuk yang menyatakan pada bagian mana/halamanberapa, hal yang sama dibahas dalam tulisan.
- sempat menyatakan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain.

dikutip dari
Tri Wahyu R.N.Bahasa Indonesia.Jakarta:Universitas Gunadarma.2006 Artikel Terkait di Bawah posting

No comments:

Post a Comment

tags

Flash tag cloud requires