dibawah ini akansiuraikan apa yang dimaksud dengan pengertian permintaan danpenawaran.
A. Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
hukum penawaran : apabila jumlah harga barang naik maka jumlah baraang yang akan ditawarkan menjadi meningkat. penawaran meningkat jika banyaknya barang yang akan dibutuhkan.
* naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan
* naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
B. Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.
Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.
C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan, demikian sebaliknya. Contohnya: permintaan terhadap telepon genggam.Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
jika harga teh mahal maka harga gula akan mempengaruhijuga,karna disini gula k\juga merupakan barang pelengkar untuk menyajikan teh dansebagainya.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
semakin tinggi penghasilan yang didapat kan oleh seseorang maka kebutuhan orang tersebut akansemakinmeningkat.Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya..Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga di masa depan
perkiraan ini bisa terjadi perubahan harga tiap waktu danjuga persaingan hargapasar akan sangat berbeda jika masuknya perdagangan bebas ke suatu negara.Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan. Contohnya: bila harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya sama harganya dengan tiket kereta api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai alat transportasi. Contoh lain: untuk seorang pelajar bila harga pulpen lebih mahal dari pensil, maka ia akan cenderung untuk membeli pensil.Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
suatu keadaan dimana suatu barang merasa teramat sangat dibutuhkan.contoh pada saat bulan puasa. banyak orang yang membutuhkan buah-buahan dan juga pada saat lebaran banyak orang yang akan membelipakaian dan sebagainya.
sedikit banyak hal yang harus diperhatikan dalam hukumpermintaan dan penawaran yang nantinya akan mempengaruhi dalampengeluaran dalam kehidupan sehari-hari.
terima kasih.
referensi:
special thanks to:
http://organisasi.org/pengertian-permintaan-dan-penawaran-hukum-faktor-yang-mempengaruhi
http://nat5u.wordpress.com/2010/02/23/hukum-permintaan-penawaran/ Artikel Terkait di Bawah posting
No comments:
Post a Comment