1











Saturday, November 6, 2010

Water Castill in Yogyakarta


Yogyakarta terkenal dengan gudeg sebagai makanan khasnya(sebuah kudapan yang berasal dari nangka yang diolah sedemikian rupa hingga rasanya terasa manis namun enak untuk dinikmati), Batik, Candi Prambanan, dan tak ketinggalan untuk oleh-oleh khas Jogja yang sangat ikhas yaitu bakpia. Tak hanya makanan, kerajinan khas Jogja yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya selain batik ialah kerajinan perak yang terdapat di daerah kotaGede yogyakarta.


Jika anda berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa menyempatkan kesebuah tempat sejarah yang tak kalah eksotisnya dengan candi prambanan. Water Castill atau Taman Air yang lebih dikenal dengan sebutan TAMANSARI, dan lokasinya pun tak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Taman sari dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Di taman sari terdapat dua buah kolam pemandian,konon ini merupakan kolam untuk pemandian bagi sultan, para istri beliau, serta para putri-putri beliau. Pada Menara di bagian tengah konon digunakan Sultan untuk melihat istri dan puterinya yang sedang mandi. Di selatan bangunan tersebut terdapat sebuah kolam yang disebut dengan "Umbul Binangun", sebuah kolam pemandian yang dikhususkan untuk Sultan dan Permaisurinya saja. Pada zamannya, selain Sultan, hanyalah para perempuan yang diizinkan untuk masuk ke kompleks ini.

Jadi jangan sampai lewatkan “TamanSari” didaftar kunjungan liburan anda di Yogyakarta. Ga akan nyesel dehh.. jangan lupa bawa kamera yaa!!

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Sari_Yogyakarta

Artikel Terkait di Bawah posting

No comments:

Post a Comment

tags

Flash tag cloud requires