1











Sunday, February 21, 2010

internet dan perbankan di indonesia

Computer dan internet saat merupakan hal atau kebutuhan yang sangat mendasar, dan juga bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok khususnya dikalangan masyarakat umum yang sudah tak asing lagi dengan fitur-fitur yang ada di dalam dunia maya tersebut.dengan adanya internet, banyak informasi apa saja yang kita dapatkan. Semua Fitur-fitur yang ada di dalam internet jika kita dapat memanfaatkannya dengan bijak, tentu kita akan dapat memaksimalkan fasilitas tersebut dengan baik pula.
Disamping ada sisi positif internet, tentu ada juga sisi negatifnya. Salah stunya dari sisi perbankan, banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan dari sisi tindak criminal, yaitu dari sisi keamanan atm yaitu lemahnya proses identifikasi dan validasi calon nasabah. Masalah ini bukan sepenuhnya kesalahan bank, karena di Indonesia belum diterapkan Single Identity Number (SIM) yang terintegrasi antar departemen terkait pelaksanaan pelayanan publik, sehingga mudah sekali untuk melakukan pemalsuan identitas dan mengecoh sistem validasi bank sehingga akhirnya akan berakibat pada penyalahgunaan rekening,
fasilitas dan layanan terkait dengan nasabah seperti kartu ATM/debit untuk kegiatan kejahatan mulai fraud (penipuan) hingga ke pencucian uang. Kecenderungannya para pelaku kejahatan akan memilih untuk sejauh mungkin hanya menggunakan layanan elektronik saja, menghindari transaksi dan kontak fisik baikdengan petugas bank maupun korban.
Seharusnya mesin ATM dilengkapi dengan sensor, alarm, kamera pengawas dan berbagai mekanisme pengamanan lainnya. Misalnya penggunaan privacy screen dengan sudut penglihatan yang sempit, cover untuk melindungi numeric keypad, anti skimming card reader hole hingga mungkin apabila diperlukan emergency intercom unit.
Dengan teknologi telekomunikasi berbasis IP yang kini tersedia, semua fasilitas pengamanan itu dapat diselenggarakan dengan biaya yang murah.
sebenarnya salah satu penyebab utama dalam kasus kriminal didalam dunia maya ialah berasal dari manusianya itu sendiri yang ingin mengambil keuntungan dari kerugian orang lain yang membuat orang lain menderita dengan hal tersebut. Dan para penjahat dunia maya memanfaatkan peluang tersebut dari kelalaian para penggunanya.
Untuk para pengguna, khususnya pengguna fasilitas internet, sebaiknya pergunakanlah dan manfaatkanlah dengan bijak.

ref:
http://kayuputih76.blogspot.com/2010/01/mewaspadai-kejahatan-layanan-perbankan.html
http://blog.unipro.co.id/archives/695
http://www.facebook.com/group.php?gid=284372064972
http://darisahabat.wordpress.com/2010/01/22/keamanan-transaksi-perbankan-indonesia/ Artikel Terkait di Bawah posting

No comments:

Post a Comment

tags

Flash tag cloud requires