1











Sunday, April 1, 2012

Open Source

Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).

Open source mempunyai sifat bebas digunakan, bebas dipelajari, bebas dimodifikasi dan bebas disebarluaskan.

Berikut manfaat yang dapat kita ambil jika menggunakan open source pada  personal computer kita:
> Open source membebaskan kita dari biaya lisensi karena ia bersifat GNU/GPL (General Public License) yang justru membolehkan kita untuk menggunakan, mempelajari dan memodifikasi serta menyebarluaskan untuk umum.
 > Dengan menggunakan open source kita dapat mengurangi tingkat pembajakan software berlisensi dan merupakan beban moral bagi para pengguna software bajakan.
> Open source yang bersifat terbuka dan dapat kita pelajari source codenya bisa kita jadikan referensi, khususnya bagi seseorang yang bergelut dengan dunia IT.

Berikut syarat-syarat distribusi open source software harus memenuhi kriteria sebagai berikut yang telah ditranslasi translate.google.id dari opensource.org

1. Gratis Redistribusi
Lisensi tidak akan membatasi pihak manapun dalam menjual atau memberikan software sebagai bagian dari distribusi software terpadu yang memuat program-program dari beberapa sumber yang berbeda. Lisensi tidak mensyaratkan royalti atau biaya lain untuk penjualan tersebut.

2. Kode Sumber
Program harus menyertakan kode sumber, dan harus mengizinkan distribusi kode sumber maupun bentuk dikompilasi. Jika bentuk dari suatu produk tidak didistribusikan dengan kode sumber, harus ada dipublikasikan dengan baik cara memperoleh kode sumber untuk tidak lebih dari biaya reproduksi yang masuk akal lebih baik, men-download melalui Internet tanpa biaya. Kode sumber harus dalam bentuk yang memudahkan programmer untuk memodifikasi program. Source code sengaja dikaburkan tidak diperbolehkan. Bentuk intermediet, seperti output dari sebuah preprocessor atau translator tidak diperbolehkan.

3. Berasal Pekerjaan
Lisensi harus memungkinkan modifikasi dan pekerjaan turunan, serta harus mengizinkannya untuk didistribusikan di bawah persyaratan yang sama seperti lisensi perangkat lunak asli.

4. Integritas Kode Source Penulis
Lisensi dapat melarang kode sumber untuk didistribusikan ulang dalam bentuk termodifikasi hanya jika lisensi mengizinkan distribusi "file patch" dengan kode sumber untuk tujuan memodifikasi program pada waktu membangun. Lisensi harus secara eksplisit mengizinkan distribusi software yang dibangun dari modifikasi kode sumber.Lisensi tersebut mungkin memerlukan pekerjaan turunan untuk menggunakan nama atau versi yang berbeda dari software aslinya.

5. Tidak ada Diskriminasi terhadap Orang atau Kelompok
Lisensi tidak boleh mendiskriminasi seseorang atau sekelompok orang.

6. Tidak Adanya Diskriminasi Terhadap Bidang Berupaya
Lisensi tidak boleh melarang siapapun untuk memanfaatkan program dalam bidang atau usaha tertentu. Misalnya, tidak boleh melarang program untuk digunakan di bidang bisnis, atau digunakan untuk penelitian genetik.

7. Distribusi Lisensi
Hak-hak yang melekat pada program harus berlaku untuk semua orang yang menerima distribusi program tersebut, tanpa perlu eksekusi lisensi tambahan oleh pihak tersebut.

8. Lisensi Tersebut Tidak Diperbolehkan Bersifat Spesifik Terhadap Suatu Produk
Hak-hak yang melekat pada program tidak boleh tergantung pada bagian program tersebut menjadi suatu distribusi software tertentu. Jika program tersebut dipisahkan dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan di bawah lisensi program, semua pihak yang menerima distribusi program tersebut harus memiliki hak yang sama seperti mereka yang dijamin dalam hubungannya dengan distribusi perangkat lunak asli.

9. Lisensi Tidak Membatasi Software Lain
Lisensi tidak boleh melakukan pembatasan terhadap software lain yang didistribusikan bersama dengan perangkat lunak berlisensi. Sebagai contoh, lisensi tidak boleh memaksa agar semua program lain didistribusikan pada media yang sama harus merupakan open source software.

10. Lisensi Harus Netral Teknologi-
Tidak ada syarat lisensi dapat didasarkan pada setiap teknologi atau gaya antarmuka.

referensi:
http://www.opensource.org/

Artikel Terkait di Bawah posting

2 comments:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai Open Source, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1169/1/50407311.pdf
    trimakasih

    ReplyDelete
  2. What are the primary advantages and challenges associated with utilizing open-source software in modern technological ecosystems? Greeting : Telkom University

    ReplyDelete

tags

Flash tag cloud requires