1











Friday, May 20, 2011

Faktor-faktor Penyalahgunaan Narkoba

Faktor-faktor penyalahgunaan narkoba

Penyalahgunaan narkoba sangat kompleks,tetapi, selalu merupakan interaksi 3 faktor, yaitu : (1) narkoba , (2) individu, dan (3) lingkungan.
Harus ada ke-3 faktor tersebut, baru terjadi penyalahgunaan. Jika ingin berhasil memberantas penyalahgunaan narkoba, upaya pencegahan dan penanggulangan harus ditujukan kepada ketiga faktor tersebut. Sementara itu indikasi penggunaan narkoba meliputi jenis,dosis,ccara pakai, pengaruhnya pada tubuh, serta ketersediaan dan pengendalian peredarannya.

Dari sudut individu, penyalahgunaan narkoba harus dipahami dari masalah perilaku yang kompleks. Secara tidak langsung, penggunaan narkoba dalam tataran individu dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Lingkungan mencakup keluarga,kelompok pergaulan sebaya,kehidupan, sekolah dan masyarakat luas. Lingkungan termasuk media massa, iklan, undang-undang, batas usia minimum merokok dan minum-minuman beralkohol serta pelaksanaan penegakan hukum setempat.

Dari ketiga faktor tersebut,faktor yang paling krusial adalah individu. Seseorang harus bertanggung jawab atas perilakunya dan tidak boleh mempermasalahkan orang lain atau keadaan. Tanggung jawab dari individu menyangkut masalah pengambilan keputusan. Seseorang melakukan sesuatu atas dasar pertimbangan mengenai apa yang baik dan apa yang buruk, atau apa yang benar dan salah. Selain itu setiap individu harus mengerti akan tanggung jawab yang menyangkut masalah nilai,norma,religi, dan pedoman hidup.

Sumber : seminar dan buku tentang pencegahan penyalahgunaann narkoba berbasis sekolah melalui program  “anti drugs campaign goes to school”.

Selanjutnya >>

Artikel Terkait di Bawah posting

No comments:

Post a Comment

tags

Flash tag cloud requires