1











Friday, May 20, 2011

menghilangkan rasa marah



Rasa marah kadang sangat mengganggu aktifitas kita.. apalagi jika kita sedang mengerjakan tugas, memasak, ataupun melakukan aktifitas lainnya. Tetapi rasa marah dapat kita atasi jika kita mengetahui bagaimana cara kita mengatasinya.
Yang biasa saya lakukan ketika sedang dilanda rasa marah dan mood yang bisa dibilang worst sekali :

1.      berbicara kasar (tetapi tidak untuk berkata kepada orang lain)
2.      berfikiran sangat negatif kepada setiap hal yang saya lihat
3.      dada menjadi sesak dan serasa ingin berkelahi kepada setiap orang yang saya temui
4.      jika sedang menulis serasa ingin mencorat-coret dan merobeknya dan beberapa lagi hal-hal yang sangat tidak terkontrol saat saya sedang dilanda kemarahan.

Mungkin beberapa tips yang dapat saya berikan mungkin dapat membantu anda yang juga mengalami rasa marah yang cukup tinggi, dan bagi saya cara-cara ini cukup ampuh untuk diri saya. Diantaranya :

  1. cuci muka , bila perlu cuci bersih muka anda dengan pembersih muka, dan bila anda muslim alangkah lebih baiknya jika anda berwudhu dan melanjutkannya dengan sholat fardhu ataupun sunnah. Cara ini dirasa baik dan dapat menenangkan hati dan juga dapat mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa
  2. memikirkan hal-hal yang lucu, contohnya menonton flm komedi, membaca komik ataupun memikirkan tingkah laku teman  atau pun mengingat kenangan – kenangan yang lucu yang pernah kamu buat bersama teman-teman.
  3. curhat, mungkin cara ini banyak dilakukan orang – orang , khususnya remaja.mereka lebih senang melampiaskan atau membagi permasalahan atau rasa amarah mereka kepada teman-teman dengan cara bercerita dan saling berbagi tentang apa yang harus dilakukan, biasanya dengan bertemu dengan teman, rasa marah itu akan hilang dengna sendirinya, seolah-olah teman dapat melupakan masalah dan juga amarah dan menjadikannya cerah dan bersemangat kembali.
  4. jika kamu sedang dikuasai rasa marah yang sangat tinggi, ada baiknya kamu keluar rumah dan tingkatkanlah kadar oksigen dalam tubuh anda , semakin banyak oksigen yang baik yang anda hirup, maka semakin sedikit kadar kemarahan yang ada dalam tubuh anda akan berkurang sedikit demi sedikit, dan juga berlari-larilah disekeliling rumah anda atau berlarilah anda untuk menggerakan tubuh anda agar seluruh tubuh anda mendapatkan oksigen yang cukup untuk menetralkan kadar karbon dioksida dala tubuh anda.
Artikel Terkait di Bawah posting

No comments:

Post a Comment

tags

Flash tag cloud requires